2.1 Pengaruh lingkungan terhadap perkembangan peserta didik
Faktor eksternal terdiri dari 2 macam yaitu lingkungan sosial
dan lingkungan non sosial
a.Lingkungan sosial
Lingkungan sosial sekolah seperti para
guru,para tenaga kependidikan (kepala
sekolah dan wakil-wakilnya) dan teman-teman sekelas dapat
mempengaruhi semangat
belajar seorang siswa.para guru yg selalu memnunjukan sikap dan
perilaku yang
simpatik dan memperlihatkan suri teladan yg baik dan rajin
khususnya dalam hal belajar
rajin membaca dan berdiskusi ,dapat menjadi daya dorong yang
positif bagi kegiatan
belajar siswa.
b.Lingkungan non sosial
faktor-faktor yang termasuk lingkungan non
sosial adalah gedung sekolah dan
letaknya,rumah tempat tinggal keluarga siswa dan
letaknya,alat-alat belajar.faktor-faktor
ini dipandang turut menentukan tingkat keberhasilan belajar
siswa .contoh:kondisi
rumah yg sempit dan berantakan serta perkampungan yg
terlalupadat dan tidak
memiliki sarana umum untuk kegiatan remaja (seperti lapangan
voli)akan mendorong
siswa untuk berkeliaran ketempat-tempat yg sebenarnya tidak
pantas dikunjungi
.kondisi rumah dan perkampungan yg seperti itu jelas
berpengaruh buruk terhadap
kegiatan belajar siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar