Minggu, 03 Januari 2016

pengaruh lingkungan terhadap peserta didik


2.1 Pengaruh lingkungan terhadap perkembangan peserta didik
Faktor eksternal terdiri dari 2 macam yaitu lingkungan sosial dan lingkungan non       sosial
a.Lingkungan sosial
    Lingkungan sosial sekolah seperti para guru,para tenaga kependidikan (kepala
sekolah dan wakil-wakilnya) dan teman-teman sekelas dapat mempengaruhi semangat
belajar seorang siswa.para guru yg selalu memnunjukan sikap dan perilaku yang
simpatik dan memperlihatkan suri teladan yg baik dan rajin khususnya dalam hal belajar
rajin membaca dan berdiskusi ,dapat menjadi daya dorong yang positif bagi kegiatan
belajar siswa.
b.Lingkungan non sosial
   faktor-faktor yang termasuk lingkungan non sosial adalah gedung sekolah dan
letaknya,rumah tempat tinggal keluarga siswa dan letaknya,alat-alat belajar.faktor-faktor
ini dipandang turut menentukan tingkat keberhasilan belajar siswa .contoh:kondisi
rumah yg sempit dan berantakan serta perkampungan yg terlalupadat dan tidak
memiliki sarana umum untuk kegiatan remaja (seperti lapangan voli)akan mendorong
siswa untuk berkeliaran ketempat-tempat yg sebenarnya tidak pantas dikunjungi
.kondisi rumah dan perkampungan yg seperti itu jelas berpengaruh buruk terhadap
kegiatan belajar siswa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar